[Book Review] Saya ❤ Indonesia

Sumber: Goodreads

Judul : Saya Indonesia
Penulis : Isman H. Suryaman, Andi Gunawan, Sammy ‘not a slim boy’, Miund
Penerbit : mediakita
Tahun terbit : 2012
Tebal : vi + 174 halaman
ISBN : 979-794-368-2

Buku ini merupakan hasil kolaborasi dari Isman Suryaman, Ndigun, Sammy ‘not a slim boy’, dan Miund –yang mana keempatnya adalah komika. Eittts! Tapi, jangan salah, ini bukanlah buku yang berisi materi panggung mereka. Buku ini lebih menyerupai “catatan” yang akan membuka kesadaran kita mengenai Indonesia. Kesadaran terhadap hal-hal kecil yang sering tidak kita acuhkan di Indonesia.

Mengutip tulisannya Pandji Pragiwaksono,

“Sering kita merasa kenal Indonesia, tapi apa yang kita tahu tentang Indonesia akan selalu terasa kurang terutama ketika kita bertemu ... orang lain dan mendengarkan kisah mereka ... Buku ini adalah cara untuk kita bisa menemukan sisi-sisi baru dari Indonesia. Dalam setiap halaman, dalam setiap paragraf dan kalimat yang kita lewati, pemahaman akan Indonesia akan terus tumbuh. Lebih dari sekedar wawasan buku pelajaran, (buku ini) membawa kita kepada sebuah kedaran bahwa kekayaan utama Indonesia bukanlah alamnya, tapi kejenakaan kehidupan ... rakyatnya.”

Wah, berarti konten di dalamnya kritis, dong? Dibilang kritis, sih, buat saya sama sekali tidak, wong, konten di dalamnya juga diceritakan dengan penuh kejenakaan hehe.

Nah, dari keempat orang yang menulis di buku ini, saya pribadi lebih menyukai tulisan si Isman dan Ndigun. Tulisan keduanya kurang lebih sama buat saya. Keduanya menulis hal-hal sederhana yang sering kali luput dari perhatian kita. Hanya saja, untuk di buku ini, Isman lebih banyak menyelipkan unsur humor daripada Ndigun. Tapi, unsur humor itu enggak memengaruhi keberisian tulisannya, kok.

Soal masalah teknis, saya masih menyayangkan karena di beberapa bagian masih terdapat kesalahan penulisan –yang sayangnya juga lupa saya catat di halaman berapa saja. Kemudian, untuk segi sampul saya juga kurang menyukai. Bagi saya, kvernya terlalu biasa dan kurang menarik. Tapi, untuk selebihnya, sih, saya enggak ada masalah. Yang jelas tulisan dalam buku ini terbilang menghibur.

Jadi, selamat membaca!

Comments