[Book Review] HAP!

Sumber: Goodreads

Judul: HAP!
Penulis: Andi Gunawan
Penerbit: PlotPoint Publishing
Cetakan: I, Mei 2014
Jumlah Halaman: 108 halaman
ISBN: 978-602-9481-65-5

Sebetulnya, saya tidak terlalu menyukai puisi. Pokoknya, berbanding terbalik jika dibandingkan dengan kesukaan saya membaca novel. Meski jelas kedua hal tersebut sama-sama ada di ranah sastra. Akan tetapi, harus diakui bahwa saya cukup menikmati puisi-puisi yang tersaji pada buku ini.

Beberapa teman saya berkata bahwa puisi-puisi di dalamnya (dalam bahasa “kekinian”) membuat mereka baper. Sementara itu, bagi saya pribadi beberapa puisi di dalamnya membuat saya sedikit banyak menyadari beberapa hal. Misalnya saja, sepenggal kalimat dari sajak berjudul “Suatu Subuh pada Hari Senin” yang berbunyi,

“Duka selalu saja meneriaki diri sendiri tentang menjadi tabah, tanpa memberi arah.”

Adapula penggalan bait dari sajak berjudul “Pulang 2” yang berbunyi,
“Ada yang lebih jahat dibanding cuaca:
Tik-tok arloji dan isi kepala.”

Dan, dari puluhan puisi yang ada di dalamnya, yang menjadi favorit saya adalah “Doa Sebelum Tidur”. Kalau kalian bertanya, mengapa? Saya agak kesulitan untuk menjawabnya, yang pasti baca saja dan (mungkin) kalian akan tahu mengapa.

Untuk masalah teknis sendiri, buku ini memiliki sampul yang sederhana begitu pula dengan desainnya. Dan menurut saya, hal tersebut sedikit banyak telah merepresentasikan isi di dalamnya –yang juga sederhana namun juga dalam.

Terakhir, satu hal pasti dalam buku ini adalah penggunaan bahasa yang “ringan” dan mudah dimengerti. Jadi, untuk kalian yang kurang memiliki minat atau ketertarikan terhadap puisi (seperti saya) tidak perlu takut untuk kesulitan dalam memahami.

Singkatnya, selamat membaca!

Comments