March 20, 2016

bacasaja, Sebuah Proyek Baru

Saya setuju bahwasanya tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu, apapun itu.

Perkenalkan, proyek terbaru saya –bersama dua orang teman– yang diberi nama bacasaja.
Akhirnya, keinginan yang sudah dipendam selama dua tahun lamanya terwujud juga. Meski “formatnya” bukan personal, tapi saya pikir tidak masalah. Toh,kami bertiga memiliki keinginan yang lebih kurang sama.

Dari saya pribadi, keinginan memiliki jurnal daring yang berkonten soal buku didasari atas kesukaan saya membaca buku fiksi. Saya pikir, rugi rasanya kalau cuma membaca. Tak ada manfaat lebihnya. “Piye nek misal aku gawe website sik isine review buku?” begitu pikir saya waktu itu. Setidaknya, dengan meresensi buku, itu bisa jadi sebuah nilai lebih. Untuk menjadi “panduan” dalam membeli buku, misalnya.

Keinginan itu pun semakin kuat semenjak saya resmi menjadi resensor salah satu penerbit buku di Jogja. Tapi, hingga pertengahan bulan Februari lalu ide itu hanya mentok di sebatas kepingin. Banyak pertimbangan mengapa saya tidakjuga merealisasikannya. Pertama, karena rata-rata dalam satu bulan saya hanya bisa menulis tiga resensi. Kedua, kesibukan kuliah –yang sebetulnya tidak sibuk-sibuk amat. Ketiga, kesibukan-kesibukan lain diluar itu –seperti makan, tidur, dan leha-leha. Keempat, dana.

Di sela-sela menunggu hujan reda, di sebuah sore setelah kuliah, bersama dua orang teman saya, kami ngobrol ngalor-ngidul. Salah satu topiknya soal “habis lulus mau jadi apa?”, maklum saja, sebab kami bertiga sudah mulai memasuki masa-masa “puncak”. Di semester depan kami sudah dihadapkan dan diharuskan (kalau bisa) untuk menjemput mata kuliah tunggal bernilaikan enam sks. Skripsi.

Singkat kata, muncullah ide kenapa tidak membuka peluang sendiri. Dari situ kemudian lahirlah bacasaja. Sebuah portal yang bisa kalian jadikan sebuah “rujukan” sebelum membeli  buku. Sebuah portal yang ditujukan sebagai wadah untuk menampung para pembaca buku maupun penulis buku –harapannya begitu.

Konten utama bacasaja adalah review dan resensi buku. Namun, bacasaja juga (berusaha) menyediakan konten berupa berita seputar dunia perbukuan –peluncuran buku atau penghargaan yang diraih oleh penulis A, misalnya. Dan tak lupa, (ini sedang dalam proses) menghadirkan konten ringan serta isu-isu seputar buku.

Bagaimanapun, saya pikir tujuan mulia dari didirikannya portal bacasaja tidak akan sukses tanpa dukungan semua pihak –pengurus internal dan kalian, para pembaca. Maka dari itu, jika kalian memang tertarik, bolehlah sekali-sekali mampir ke portal bacasaja.

Kami juga menyediakan ruang bagi kalian yang ingin berbagi menuliskan resensi maupun review dari sebuah buku. Syarat dan ketentuannya bisa kalian baca di sini.

Akhir kata, terima kasih telah membaca tulisan ini. Meski sudah memiliki situs khusus untuk menampung resensi, blog ini tetap akan saya hidupi, baik dengan tulisan resensi maupun tulisan random lainnya.


Salam.

No comments:

Post a Comment