February 17, 2016

Sudah Saatnya Melepas

“Kok, kamu malah senang?”

“Jelas. Gimana bisa kamu sedih ketika melihat temanmu akhirnya lulus kuliah?”

“Lulus...berarti kan dia masuk ke jenjang hidup yang berikutnya....”

“Ah, aku paham maksudmu. Dia lulus, dan aku masih begini dan di sini, begitu? Akan semakin jarang bertemu, begitu? Bukannya sebelumnya kami juga jarang bertemu, hanya pada kesempatan-kesempatan tertentu saja? Tentu hal itu bukan suatu masalah buatku.”

“....”

“Kamu tahu, kini saatnya aku melepasnya. Tadi aku bertemu dengannya, dia nampak bahagia, begitu pula denganku. Dia memberikan senyum termanisnya untukku dan aku, tentu saja, menyambut senyumnya. Dari rumah, sejak beberapa hari lalu, aku sudah membulatkan tekad. Wisuda hari ini adalah hari terakhir aku menaruh hati padanya –dan semoga saja bisa. Bukan apa-apa, bukan karena sudah tak ada lagi rasa. Namun, sepertinya sia-sia jika aku hanya diam saja dan menantinya entah sampai kapan. Bukankah kau juga selalu berkata bahwa aku telah banyak menyia-nyiakan waktu karena menunggu?”

“Tapi...”

“Dengar aku dulu. Aku sudah lama tersadar bahwa kisahku akan berakhir demikian. Kau tak perlu khawatir, aku bisa menjaga diri dan hati. Aku takkan menangis. Aku sadar bahwa sudah seharusnya aku “berpindah”. Kini, aku telah ikhlas melepasnya. Biar dia melanjutkan hidup tanpa terbayang-bayang olehku, begitu pula sebaliknya.”

“Sudah benar-benar yakin dengan keputusan itu?”

“Jujur, sebetulnya agak bingung juga soal yakin atau tidak. Tapi aku akan berusaha. Sudah seharusnya aku melupakan semuanya. Ah, tidak. Bukan melupakan, hanya berhenti memikirkan. Namun, apabila memang suatu waktu aku terpaksa harus melupakan, ada satu hal yang sama sekali tak ingin kulepaskan dari ingatan.”

“Apa?”

“Senyum terakhirnya, tepat saat ia berbalik tepat menghadapku, mengangkat tangannya hingga menyentuh tanganku, dan kata pamit yang diucapkannya. Kemudian, kami berbalik ke arah berlawanan, melangkahkan kaki menuju masa depan yang kami idam-idamkan.”


Sumber: Pinterest

No comments:

Post a Comment